Skip to main content

Pernikahan Pemberkatan Lisa & Oscar di Gereja St Catharina TMII


Dengan senyum cerah Lisa  memulai proses make up,  bersiap untuk  pernikahannya dengan Oscar, laki-laki pilihan hatinya. Oscar terlihat jauh lebih tenang mempersiapkan hati dan raga … terlihat gagah dalam balutan Jas Pernikahannya.  Sesaat mereka menyempatkan diri untuk mengabadikan moment mereka sebelum akhirnya  bersama-sama menuju Gereja untuk melangsungkan prosesi pemberkatan pernikahan mereka berdua.

Gereja  St. Chatarina TMII menjadi venue pilihan  untuk melangsungkan sakramen pernikahan mereka. Warna favorit Lisa, merah muda, mendominasi dekorasi gereja ini. Tatanan bunga-bunga cantik di tiap kursi jemaat, di altar … dilengkapi dengan karpet jalan bernuansa rose petal berwarna putih membuat suasana gereja menjadi sangat berbeda dari hari-hari biasanya, siap menyambut kedatangan kedua mempelai.


Lisa dan Oscar telah sampai di Gereja, acara prosesi penyerahan kedua mempelai segera dimulai. Kedua mempelai berdiri di depan pintu gereja, mempelai wanita berada di sebelah kanan mempelai laki-laki. Imam beserta putri altar menyambut di pintu gereja.

Wakil Keluarga: “Rama, sebagai wakil keluarga kedua mempelai perkenankanlah kami menyerahkan putera dan puterinya, yakni saudara Oscar dan saudari Lisa  untuk dimohonkan berkat bagi perkawinan mereka.”

Imam: “Terima kasih atas kepercayaan bapak dan ibu kepada Gereja untuk melangsungkan tugas yang suci ini. Semoga dengan perantaraan Gereja, pernikahan mereka diteguhkan dan diberkati oleh Allah yang Maha kuasa. Mempelai berdua yang berbahagia, atas nama Gereja saya akan memohonkan berkat Tuhan untuk menyucikan cinta kasih anda berdua dalam membentuk keluarga yang baru dan sejahtera. Sekarang persiapkanlah dirimu dengan hati yang suci agar pantas menerima rahmat Tuhan dalam sakramen ini.” 



Acara prosesi penyerahan kedua mempelai telah selesai, kini saatnya menuju altar. Secara beriringan dipimpin oleh imam Gereja, kemudian kedua mempelai dan seluruh anggota keluarga mengikuti dari belakang.

Sesampainya di altar, semua mengisi di posisinya masing-masing. Begitu juga dengan kedua mempelai yang mengisi area di depan altar suci.


Kedua mempelai menjalani prosesi sungkeman kepada kedua orangtua mereka secara bergantian. Acara Sungkeman sendiri adalah tradisi yang menjadi ciri khas bagi masyarakat jawa, dimana acara sungkeman biasanya diadakan untuk melengkapi acara tertentu misalnya acara pernikahan. Arti sungkeman sendiri berasal dari kata sungkem yang bermakna bersimpuh atau duduk berjongkok sambil mencium tangan.


Imam Gereja: “Saudara Oscar dan Lisa, Anda berdua telah memohon agar pernikahan saudara diteguhkan dan diberkati di tengah  jemaat Tuhan ini. Dalam kebaktian ini saya akan melayangkan peneguhan dan pemberkatan pernikahan saudara-saudara, dengan disaksikan oleh jemaat yang hadir di sini.” Lalu dilanjut “Mari saudara-saudara yang hadir di sini kita semua berdoa. Allah Penguasa alam, Tuhan yang maha besar, Bapa yang maha pengasih, saudara kami ini, Oscar dan Lisa datang memohon berkatMu. Curahkanlah Roh Kudus atas mereka supaya dengan kasih yang suci dan teguh, mereka dapat memenuhi janji-janji mereka hari ini. Dalam nama AnakMu, Tuhan Kamu YesusKristus, Amin.


Kedua mempelai berdiri berhadap-hadapan …
Oscar dan Lisa mengucapkan masing-masing janjinya saling bergantian
Oscar: “Di hadapanTuhan Allah serta jemaat Kristus di sini, saya Oscar dengan penuh kasih dan syukur menerima Lisa yang ada di sini, mulai saat ini menjadi istri saya. Saya berjanji akan senantiasa mengasihi dan menolongnya serta setia kepadanya baik dalam suka maupun duka, dalam untung maupun malang, sehat maupun sakit dengan memenuhi kewajiban saya sebagai suami yang baik dan berbakti kepada Tuhan. Saya dan istri saya akan senantiasa hidup dalam kasih, saling menghormati dan menghargai, serta memelihara keutuhan perkawinan ini selama-lamanya sampai maut memisahkan.”

Lisa: “Di hadapan Tuhan Allah serta jemaat Kristus di sini, saya Lisa dengan penuh kasih dan syukur menerima Oscar yang ada di sini, mulai saat ini menjadi suami saya. Saya berjanji akan senantiasa mengasihi dan menolongnya serta setia kepadanya dalam suka maupun duka, dalam untung maupun malang, sehat maupun sakit dengan memenuhi kewajiban saya sebagai istri yang baik dan berbakti kepada Tuhan. Saya dan suami saya akan senantiasa hidup dalam kasih, saling menghormati dan menghargai, serta memelihara keutuhan perkawinan ini selama-lamanya sampai maut memisahkan.”


Oscar memasangkan cincin kepada jari Lisa dan begitu pun sebaliknya …
Oscar: “Kekasihku Lisa, saya berikan cincin ini sebagai tanda cinta dan kasihku yang tulus kepadamu.”
Lisa: “Saya kenakan cincin pemberianmu ini di jari manisku, sebagai tanda kesetianku sebagai seorang istri kepadamu.”
Lisa: “Kekasihku Oscar, saya berikan cincin ini sebagai tanda cinta dan kasihku yang tulus kepadamu.”
Oscar: “Saya kenakan cincin pemberianmu ini di jari manisku, sebagai tanda kesetianku sebagai seorang suami kepadamu.”
Kini Oscar dan Lisa telah resmi sebagai sepasang suami istri, Oscar pun mencium pipi Lisa…


-

Adat Pernikahan: Internasional
Lokasi: Gereja St Catharina, Taman Mini Indonesia Indah (TMII)