Skip to main content

Hiburan Pernikahan Adat Sunda: Mang Lester, Tari Rampak Gendang & Tari Merak.


Pada prosesi pernikahan dengan adat sunda pastinya masyarakat umum telah mengenal istilah upacara adat penyambutan pengantin yang dipandu oleh tokoh orang tua yang disebut Lengser. Tokoh orang tua tersebut kerap kali dipanggil dengan nama Mang lengser/ Ki Lengser, biasanya Mang lengser/ Ki lengser ini ditemani dengan penari, pembawa umbul –umbul dan pembawa payung.


Pakaian yang digunakan lengser sangat sederhana, biasanya terdiri dari baju kampret, celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan/ kain setengah dan totopong( ikatkepala ). Untuk riasannya mereka selalu menggunakan make up karakter yang memperlihatkan wajah kakek tua renta, dengan memperlihatkan gigi yang ompong, ditambah lagi dengan gerakan – gerakan tari yang sangat lucu. Kehadirannya selalu mengundang gelak tawa dan takjub para penonton/ tamu undangan.
Mang Lengser/ Ki Lengser pitu sendiri mempunyai filosofi yaitu perananya sebagai sosok panutan masyarakat yang dituakan dan juga sebagai symbol penasehat dalam pernikahan, itulah alasannya kenapa sosok lengser lebih sering diperankan sebagai seorang kakek.


Kehadiran Mang Lengser/ Ki Lengser seringkali menjadi sosok yang menarik perhatian para tamu undangan yang hadir pada pesta pernikahan. Begitu rombongan pengantin telah siap untuk memasuki  tempat berlangsungnya resepsi, lengserlah yang akan menyambut terlebih dulu.


Upacara mapag pengantin ini tidak berlangsung lama, karena fungsinya hanya untuk menyambut kedatangan kedua mempelai dan mengantarkannya kekursi pelaminan, mempersilahkan pengantin dan orang tua kedua pengantin duduk ditempatnya masing – masing. Gerak – gerik dan kelucuannya membuat pesta semakin meriah dan tak terlupakan.

Para calon pengantin dan keluarga juga selalu menginginkan pesta pernikahan yang akan digelar nantinya meriah dan dapat berkesan, terutama untuk para tamu undangan. Tarian merupakan salah satu pelengkap sebagai hiburan yang dapat membuat suasana pesta semakin meriah. Tarian yang sering menjadi pilihan hiburan pada pesta pernikahan pasundan adalah Tari Merak dan Tari Rampak Gendang.


Rampak Gendangmerupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Rampak berasal dari bahasa sunda yang bermakna serempak atau secara bersama-sama, jadi rampak gendang bisa diartikan sebagai pertunjukan gendang yang dimainkan secara bersama-sama. Gendang atau kendang adalah salah satu alat music tradisional dari Jawa Barat yang  dimainkan dengan cara dipukul.

Semua penari menggunakan pakaian khusus, dengan ada bermotifkan daerah Sunda dengan warna yang menarik secara seragam.


Setiap pemain kendang memainkan kendang indung (besar) dan 2 buah kulanter (kendangkecil). Mereka duduk dibelakang kendang pegangan masing-masing dalam posisi main kendang. Posisi pemain kendang ini diatur sedemikian rupa supaya tampak oleh penonton.


Mereka membunyikan kendang secara berbarengan memainkan komposisi lagu tabuhan secara berbarengan dan diselingi gerakan-gerakan tangan, kepala, serta badan secara berbarengan atau bergantian. Kadang - kadang diselingi teriakan bersama, atau diam serentak bersamaan.
Pilihan berikutnya adalah Tari Merak, sama halnya dengan Tari Rampag Gendang, Tari Merak merupakan salah satu tarian yang digunakan untuk menyambut kedatangan pengantin pada pesta pernikahan.


Tari Merak ini dimainkan oleh para penari wanita, namun sebenarnya tarian ini menggambarkan tingkah laku merak jantan dalam menebatkan pesonanya kepada merak betina. Tarian ini juga mengisahkan tentang burung merak yang menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan warna warni, hal itu juga dapat terlihat pada kostum yang dikenakan para penari. Kostumnya sangat mampu mencerminkan keindahan burung merak, bagian sayap yang dipenuhi dengan payet dan mahkota yang berhiaskan kepala merak yang disebut ‘’ Singer ‘’ selalu menjadi ciri khas tarian ini.


Setiap gerakannya penuh makna ceria dan gembira, sesekali mereka menampilkan gerakan layaknya seekor merak yang sedang melompat. Tarian ini semakin terkesan mempesona ketika penari Merak menari sambil membentangkan sepasang sayapnya yang sangat indah. Sungguh seperti replica dari burung merak yang mengagumkan.

Mang Lengser, Tari Rampag Gendang & Tari Merak, modern ini banyak digelar di acara pesta pernikahan. Selain sebagai hiburan untuk menyambut para tamu undangan yang hadir, dengan tarian ini, pengantin & pemangku hajat juga dapat menunjukkan identitas etnis mereka serta membuat pesta semakin meriah dan berkesan.

Pilihan yang tepat untuk menjadikan tarian sebagai hiburan dalam pesta pernikahan.

Selamat mencoba untuk para calon pengantin   :) :)

Terimakasih